Pages

11.8.19

Proposal Pengajuan Budget Pernikahan

Judulnya bikin ngakak, hahahaha. Menindaklanjuti keluhan pasangan karena biaya pernikahan yang banyak, akhirnya aku membuat daftar perintilan pernikahan lengkap dengan biayanya. Udah mirip proposal gitu deh ya ampun. Tapi gapapa, dengan begitu apa yang ada di bayanganku engga hanya bayang-bayang aja tapi juga diwujudkan. Oiya, rencana pernikahan yang kami inginkan itu hanya akad dan setelah itu syukuran pernikahan, makan-makan lah istilahnya. Nah, yang diundang juga hanya keluarga besar, tetangga sedikit dan tentu teman dekat kami. Jadi ngga makan banyak biaya, hm meskipun banyak juga. Wkwk. Dan ini masih rencana kami sih, semoga aja orang tua kita manut-manut aja. Aamiin.

Yang pertama aku cari adalah vendor untuk fotografer, ini penting banget bagiku karena dokumentasi ini mengunci memori sampe akhir hayat istilahnya tuh. Nah, dari awal aku udah ngincer vendor yang dipakai temanku saat dia menikah, karena aku liat di instagram mereka, ada fotografernya yang aku cinta banget hasil jepretannya di Jogja. Jepretan portrait candid yang waw pas aku liat aja seperti bercerita. Jadi mereka punya paket wedding termurah 4,8jt, itu hanya foto ya, untuk cinematic video tambah 2jt. Nah karena menurutku paket wedding itu terlalu berlebihan ya, karena acaraku aja hanya akad dan syukuran, jadi aku pikir aku pakai paket engagement aja, 1,2jt, namun tetap aja itu hanya foto ya. Kalau ditambah cinematic, total adalah 3,2jt itupun aku belum konsultasi langsung dengan vendornya untuk pakai paket engagement dalam acaraku. Terus aku juga menemukan vendor lain yang se-aliran, wkwk apa deh nyebutnya, foto formal + candid 3,5jt. Yhaa, belum video ternyata tapi gapapa, video dokumentasi bukan prioritasku sih.

Yang kedua aku cari perias. Jadi karena rencana acaraku hanya akad dan syukuran, jadi kebutuhanku untuk MUA dan Wardrobe hanya : 1x makeup untuk aku, 1 pasang busana untuk pengantin, 1x makeup untuk ibu dan ibu besan. Nah untuk wardrobe ibu dan ibu besan ini aku agak fleksibel, bisa aku beli sendiri, juga bisa aku sewa sekalian, toh ngga mahal-mahal amat. Nah, ada MUA yang jadi incaranku, karena 2 orang temanku yang menikah pake dia, tapiiiii, mahaaaaaal, dan ngga bisa menyesuaikan harganya dengan kebutuhanku. Which is paket wedding yang dia punya tarifnya 7jt, naik 500rb dari pricelist yang aku tanyakan sebulan yang lalu, wkwk. Yasudah langsung aku coret dari daftar MUA yang aku incer. Kecewa sih karena makeup dia bagus banget, apalagi alisnya bisa kayak alis beneran meskipun engga dicukur. Aku cari-cari, ternyata mulai banyak juga MUA di Kediri yang sealiran, alis berbulu. Akhirnya nemu 2 vendor yang sama-sama bagus dan sesuai kebutuhan, vendor A 3,5jt tapi aku gabisa cek wardrobe-nya kaya apa karena gaada di Instagramnya. Ada juga vendor B 2,2jt dan ada dress yang aku inginkan. Aduwh jadi pengen cepet booking, wkwkwk, padahal masih sekedar cari-cari aja. Oiya dalam pencarian MUA ini aku ngerasa "waw kok kayaknya ngga ada orang menikah sesederhana rencanaku ya," soalnya tiap aku tanya, pasti ditawarkan paket wedding, dan ada juga yang ngga bisa disesuaikan harganya, hadeuh. Ada juga rasa kecewaku dengan admin-admin MUA yang ngga terbuka dengan pricelist mereka, menanyakan tanggal, ya it's oke lah dengan alasan biar dicocokkan jadwalnya apakah hari itu mereka kosong ngga, tapi bagi kami, bakal calon pengantin, kami jadi gabisa merencanakan budget pernikahan dengan real kalo mereka ngga ngasih pricelistnya hanya karena alasan rencana tanggalnya masih jauh, huhu. Aku sangat mengapresiasi para MUA yang mau spill pricelist mereka dan melayani kami meskipun masih rencana aja, respect !

Yang ketiga aku cari catering, ini dia yang membutuhkan biaya paling banyak dan gabisa ditawar lagi. Oiya karena rencana kami ngga ngundang tetangga banyak-banyak ya, jadi ngga mungkin dong acaranya dirumah, jadi aku juga cari venue. Nah, karena harga catering saja mahal, jadi aku cari venue yang udah sekalian makanannya. Yang pertama aku hubungi adalah Resto KR, 70rb per orang, + electone 1,2jt. Total 11jt lah. Aku cari lagiii, ada rumah makan BL, 50rb per orang, + electone 1,2jt, total 8,7jt. Uwuw mayan bangeet. Nah sebelumnya aku juga cari catering, LC, 40rb per orang, total 6jt, tapiiii, sewa gedung 4,2jt, itu asumsi kalo mau menikah di mesjid agung. Total venue dan catering 10jt. Tapi yang menjadi pilihanku tetaplah yang termurah. Wkwk

Demikian, tiga hal itu yang buat aku mikir keras beberapa hari ini.Oh ada lagi, dekorasi, dekorasi yang aku pakai nantinya adalah dekorasi untuk akad nikah atau lamaran yang udah include kursi tifani, jadi ngga menghabiskan banyak biaya. Hehehehe. Oiya berikut ini aku kasih hasil aku bikin rancangan budget untuk pernikahanku, wkwkwk, ngga nyangka dapet segini. Nitip doa semoga harapan kami diijabah oleh Allah, dimudahkan urusan kami, dilancarkan rejeki kami. Aamiin. Terima kasih buat siapapun yang baca. :)


No comments:

Post a Comment