Pages

21.7.17

Me vs Jerawat.

"Less is more." kata orang bilang. Dan aku percaya bahwa "If you focus on good skin care, you really won't need a lot of makeup." Tapi gimana kita menggunakan less makeup jika jerawat dan bekasnya banyak nangkring disana sini ? I'm sure every women want those flawless bare face, me too, dan aku bersyukur aku semakin dekat dengan itu. Aamiin, alhamdulillah.

Postingan kali ini aku buat sesuai janjiku dengan diriku sendiri, "kalo udah tuntas jerawatku, aku bakal share di blog gimana aku melawan jerawat," itung-itung biar bermanfaat lah pengalaman aku buat orang lain. Kalo dijalan ketemu orang yang berjerawat rasanya gemes pengen aku kasih saran kasih ini itu tapi yha gimana sih orang ga kenal. Wkwk.

Kulit aku mulai berjerawat pertengahan tahun 2015. Inget banget nih, soalnya banyak yang nyindir "kamu baru jadian kok malah jerawatan yaa" uww. Sejak semester awal kuliah, 2012, aku pakai BB Cream Garnier. Bedaknya macem-macem, aku lupa. pakai BB Cream ini kulitku berjerawat satu dua biji lah, normal. Sampai akhirnya temen aku minta dianterin ke Natasha buat perawatan, nah karena aku pengen nyobain ya, aku ikut aja facial. Facial 120ribuan kalo ngga salah dan aku ditawari krimnya tapi aku menolak. Begitu pulang, ibuk kaget dengan wajah bekas facialku, khawatir bekasnya ngga ilang-ilang, besoknya si ibuk bawa aku balik ke Natasha buat purchase krim-krimnya. Waktu itu aku dapet krim pagi, krim malam dan facial foam. Sekali aku coba, ngga aku lanjutin karena sebelum datang ke Natasha emang udah baca-baca review dan banyak yang bilang krimnya banyak mengandung steroid yang katanya ga baik buat kulit, kan jadi parno ya. Makanya dari awal aku ngga purchase krimnya, akhirnya si ibuk yang pake.

Dari facial coba-coba itu, aku ngerasa kulit aku jadi sensitif banget, gimana aku ngga ngerasa gitu, tiap orang iseng pegang wajahku, eh besoknya langsung jadi jerawat, astagaaaaa. Oiya, jerawat aku ini ngga hanya disebabkan oleh facial semata ya, makanan dan gaya hidup juga berpengaruh. Aku doyan makan pedes, dan itu ngefek banget ke jerawat.

Dibawah ini aku list produk yang pernah aku gunakan selama melawan jerawat.
 • Acnes UV Tint, aku gunakan sebagai pengganti BB Cream Garnier, yang aku pakai sampai jerawat benar-benar sembuh.
 • Acnes Spot Care, niatnya aku gunakan buat ngilangin bekas jerawat, ternyata ngga ngefek plus bikin berminyak.
• Bedak Marcs, aku pakai sampai sekarang.
• Sariayu Lotion Jerawat, entah gimana kok malah bikin jerawatku meradang, hehehe, ngga cocokkk.
• Facemask Bali Alus varian Kopi dan Black Tea untuk jerawat, tapi ngga ngefek di aku, varian Strawberry untuk menghilangkan bekas jerawat juga sama.
• Peeling Bali Alus, niatnya bersihin komedo menggunakan ini karena tergiur baca review, ternyata malah bikin jerawat baru. Produk Bali Alus yang aku recommend buat digunakan adalah Lightening Body Lotion yang tubenya kece warna biru muda itu, wanginya enakkkkkk.
• Bedak Saripohatji, jerawat ngga berkurang, dan kulitku terasa kering.
• Trial kit Hada Labo Gokujyun Series, karena aku pikir jerawatku semakin parah disebabkan oleh kulit kering, aku mulai coba produk yang booming banget buat melembabkan wajah saat itu, Hada Labo. Tapi ternyata, ngga cocok juga buat aku.
• Hada Labo Tamagohada Facial Foam, recommended buat menghilangkan bekas jerawat, kulit juga lebih halus, tapi sayang kulitku terasa kering pakai ini. Ga tahan karena keringnya terasa di bibir juga.
 • Envy Me; Toner dan Facial Wash Pepaya, Balancing Toner, Peeling Gel Tea Tree, itu semua aku beli setelah konsultasi dengan reseller, tapi tetep ngga cocok, kering di kulit aku.
• Strong Acid Water, Virgin Coconut Oil - Cooling Down Face Cream dan Cleansing Face Bali Alus, Wardah Olive Oil, Oriflame Pure Nature Tea Tree Purifying Oil, Himalaya Facial Wash Green Tea, dan produk skincare lainnya.

Setalah lama mencari-cari, aku nyerah dan memutuskan ke dokter SpKK karena jerawat aku mulai ngga terkontrol, jerawat berciri-ciri tidak bermata, berupa benjolan di bawah kulit, dan ngilu. Dari keadaan jerawatku yang demikian, dokter kasih aku Manne Lotion Jerawat, and it works! Selain lotion jerawat ini, dokter juga kasih resep antibiotik Doxycycline, juga facial wash Prima Derma, facial wash ini emang bikin kering kulit aku, tapi aku tahan-tahanin aja selama itu rekomendasi dokter, dan alhamdulillah kulitku berangsur membaik.

Serius ya, tiap aku bertemu orang dijalan dan aku liat dia berjerawat persis seperti aku dulu, aku gemes pengen kasih tau dia buat pakai Manne Lotion Jerawat ini. Tapi lebih baiknya emang ke dokter spesialis aja, apalagi ada antibiotik yang konsumsinya harus atas resep dokter. Btw bukan dokter klinik kecantikan yhaaa, dokter spesialis kulit.

Setelah kulit mulai membaik, masalah ngga selesei gitu aja. Tipe kulitku adalah kulit yang gampang membekas ketika berjerawat dan susah ilangnya. Jadi setelah jerawat kempes, problemnya ada di bekas jerawat. Sering loh aku datang ke counter skincare, mereka nawarin produk untuk jerawat, dan mereka para BA ngeyel aku gaboleh pakai produk pemutih padahal aku sedang fokus ngilangin bekas jerawat. Gimana mau ilang bekas jerawatnya mba, kalo pakai produk jerawat muluu. Gemes. Akhirnya aku browsing-browsing sendiri dan langsung beli aja di counter tanpa menghiraukan apa yang BA nya bilang.

Berikut ini produk yang aku coba selama pencarian produk yang nyaman di kulit plus menghilangkan bekas jerawat.
• Garnier Light Complete White Speed, ngga cocok, muncul jerawat.
• Wardah C-defense Face Mist. Aku baca-baca, ada yang cocok pakai vitamin C untuk bekas jerawat, ada juga yang ngga cocok. Dan aku termasuk yang kedua, ngga cocok, malah muncul jerawat di aku. Hehe
• Wardah White Secret Night Cream, wajah mulai terlihat bersih meskipun bekas jerawat masih nangkring, tapi begitu muncul jerawat, aku stop karena gamau jerawatan lagi.
• Wardah Renew You, niatnya beli ini buat melembabkan dan mencegah penuaan dini, iya, mencegah penuaan dini, entah ya aku juga konsen banget ke penuaan kulit. Tapi setelah pakai ini malah kusam, aku stop pemakaian.
• Skin Aqua UV Mild Milk, aku pakai ini sebagai pelembab setelah menggunakan facial foam yang bikin kulitku kering, tapi ternyata kusam di aku.
• Larissa facial foam Green Tea, aku pakai ini setelah sharing dengan temanku yang udah pernah ngalamin jerawat separah aku. Facial foam ini awet banget, karena hanya butuh sebiji jagung tiap pakainya. Dan aku pakai ini sampai sebelum aku ganti varian Chamomile saat ini.
• Laneige Multiberry Yogurt Repair Park dan Peeling Gel, wanginya enak bangeeet, tapi muncul jerawat di aku Repair Packnya. Jadi sekarang aku cuma menggunakan peeling gelnya aja.
• Laneige Sleeping Mask & Laneige White Plus Renew; Skin Refiner dan Original Essence. God, it works and I love it! Bekas jerawat sudah mulai memudar, dan sama sekali ngga bikin jerawat baru di wajahkuuuu. :))

Jadi setelah perjalanan panjang 2 tahun melawan jerawat, akhirnya aku merasakan nyamannya kulit halus ngga ngegrunjel karena jerawat. Alhamdulillaah. Dan ngga ngabisin banyak tempat di meja skincare sekarang :p

My skincare and makeup regime :
• Laneige Sleeping Mask setiap malam.
• Laneige White Plus Renew; Skin Refiner dan Original Essence setiap pagi dan sore.
• Laneige Multiberry Yogurt Peeling Gel seminggu sekali.
• Larissa facial foam Chamomile dua kali sehari, pagi dan malam.
• DD Cream Wardah C-Defence.
• Badak Marcs.
• Garnier Micellar Water.

Buat yang sedang bergelut dengan jerawat, I've been there dan udah ngerasain gimana stressnya, apalagi diluar sana banyak cewe-cewe flawless baik karena perawatan di klinik kecantikan atau flawless dari sononya. Ngga usah ngiri, meskipun sulit, karena ngiri pangkalnya stress, stress pangkalnya jerawat. Cari penyebab jerawat dan hindari penyebabnya. Ngga usah hiraukan kata-kata orang, “ih kok jerawatan sekarang ?" mereka ngga tau gimana kita berusaha ngilangin jerawat itu, “kamu gonta ganti skincare mulu sih,” mereka gatau penyebab jerawat kita dan  yha gimana ngga gonta ganti, kan masih nyari yang cocok, dan kata-kata orang lainnya. Jalani aja, sambil mencari-cari skincare yang cocok buat kalian. Setiap bercermin, lihat progress dari usaha kalian meskipun kecil dan jangan lupa senyum, bersyukur.

Oiya, wajah kalian boleh masih berjerawat, tapi kalian tetep terlihat cantik dengan hati yang baik. ✨

3 comments:

  1. persis, aku juga gara2 si N****** itu, trus sembuh mulai kering karna manne lotion, belum sembuh total sih tapi semoga ilang ......

    ReplyDelete
  2. Hallo kak...kakak minum obat doxy nya berapa hari ya kak?? Itu buat ketergantungan ga sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, aku minum doxy 10 hari. Bikin ketergantungan atau engga aku kurang tau ya, jika sekarang wajahku berjerawat pun aku ngga minum doxy lagi krn jerawatnya ngga separah yg dulu. Tapi aku sarankan kamu ke dokter spkk langsung yaa, dokter yg lebih tau obat apa yg cocok buat jerawat kamu. Semoga membantu ya.

      Delete