Pages

20.5.15

Jogja. ❤

Tanggal 13-16 mei kemaren gue melakukan perjalanan ke jogja. Perjalanan yang awalny gue rencanain buat short escape sm pacar, batal gegara ijin dari ibuk gue. Gapapa, wajar, namany juga orang tua, but trust me, kalopun gue travelling sm pacar gue ga mungkin macem-macem. Oke, jadi perjalanan itu gue lakukan dengan temen kuliah gue, Afifah.
Pencarian penginapan selama di Jogja dibantu oleh temen SMA gue, Riza. Seminggu sebelum hari H gue minta tolong ke dia buat dicariin penginapan, tapi krna dia iya iya aja, gue ga sabaran, gue googling aja deh, nemu, hotel Pantes, gue telfon, dan booking bisa dilakukan kalo ada yang mewakili kesana. Langsung deh gue huhungi Riza, dia bookingin dan kami dapet 1 kamar, 100ribu per malam dengan kamar mandi di luar, no problem karena kamar mandiny pun bersih banget. Kita berangkat dari stasiun Gubeng hari rabu tgl 13 pukul 14.25. Di kereta kita duduk dengan mas2 berkacamata dan ternyata mas itu juga menuju jogja, untuk pertama kalinya juga seperti kita. Tapi bedanya dia ada temen yang bakal nemenin dia di Jogja. Nyampe di stasiun Lempuyangan sekitar pukul 19.35. Maaaannnn ! Nyampe disana gue cuma bisa bilang "O my God ! Kita di jogja fah !" Alay banget. Tapi beneran bangga gue bisa menginjakkan kaki di Jogja, berdua doang dan sama2 gatau menghadap ke arah mana kita saat itu.
Menuju pintu keluar.
"Bentar fah, bentar, kita jangan keluar dulu," balik badan melawan arah pintu keluar
"Kenapa vin?"
"Kita kudu tau waktu keluar itu kita belok ke arah mana, jangan ky orang bingung, berlagak sok tau aja, biar ga ditawarin bapak-bapak becak," keluarin hp, buka google maps
"Ooh, oke"
"Jadi kita sekarang disini, berarti arah kita kesini, jadi kita keluar belok kanan fah, lurus. Oke, siap."
Keluar stasiun, bener aja kita disambut sama bapak-bapak becak, rameeee, tapi kita nyelonong aja belok kanan. Ikutin arah di maps, nglewatin rumah2 di gang sempit — ngga sempit sih, gang yg jalannya 2 meter gitu; trus tiba kita di jalan raya yang mirip ky jalan tol, udah, dari situ kita bingung liat maps, dan gue yang sok bisa baca maps mulai panik.
"Duh, lewat mana nih, tanya orang ya,"
Nah, ada bapak2 lewat, kita tanya, beliau cuma
"Lewat sini mba," kita ikuti beliau
Eh ternyata kita dianterin sampe parkiran bus-bus pariwisata di malioboro. Alhamdulillah. Itu pertama kalinya ketemu orang baik di tempat perantauan kita saat itu.
Nyampe diujung utara jalan malioboro, kita seneng bangettttttt ! "Omg ! Gue di jogja !" Begitu pikir gue saat itu. Karna capek bawa tas bawaan yang berat banget, kita putuskan langsung ke penginapan. Jl.Sosrokusuman, kita masuk ke gang itu tapi ga liat ada papan nama hotel Pantes, kita tanya bapak-bapak yang ada disitu
"Pak, hotel Pantes di sebelah mana ya"
"Oooh, di gang sebelah mba,"
"Terimakasih pak"
Keluar gang, kita jalan ke arah gang sebelah. Ternyata bener, begitu masuk gang kita langsung tau papan nama hotel Pantes, dan itu di depan penginapan Munajat Backpacker yang terkenal itu. Waw ! Masuk hotel, kamar kita udah disiapkan. Langsung kita ngelurusin punggung. Capek gilak. Tapi seneng . Dan gue lupa ngehubungi Riza kalo udah nyampe.
Wed 19:50 Riza : Kamu brgkat kapan? Nyampe mana?

Wed 20:16 Me : Mbb baru nyampe hotel. Lupa ngabarin. Udah di hotel nih. Seneng bgt nyampe jogja.
Wed 20:18 Riza : Hotel mana vin ? Emg tau tempatny ?
Wed 20:18 Me : Lhah. Hotel pantes lah. Tau dong.
Dan, malem itu sekitar pukul 21.00 Riza ke tempat penginapan gue. Man ! Udah 3 taun gak ketemu ini bocah. Kita makan, ngobrolin agenda hari kamis. Pulang, tidur. Payahny gue ga bisa tidur nyenyak di tempat baru. Pagi-pagi dibangunin pacar masih antara sadar gasadar gitu.
Dia : Teknisnya kesana gimana ?

Me : Gimana gimana sayang ?
Dia : Teknisnya kesana gimana ? (dengan penekanan perkata)
Me : Teknisny ?
Dia : Ya kmu naik apa kesana ? (nada kesel)
Me : Naik motor. (datar)

... krik krik krik
Perjalanan hari kedua di Jogja dimulai jam lupa buat nyari sarapan di sepanjang jalan malioboro. Kita bingung sih cari sarapan yang enak apa. Aku googling. Akhirnya kita sarapan soto di depan Inna Garuda Hotel, di belakang shelter transjogja malioboro 1. Disitu kita bersebelahan dengan ibu-ibu asli jogja. Beliau kasih tau tempat-tempat beli gudeg, pia, kasih tau cara kita menuju prambanan, banyak lah. Udah sarapan, kita jalan kaki menuju Tugu Jogja. Sebelum di  Tugu Jogja, kita mampir bentar ke tugu Kereta di stasiun Tugu, foto sekali lalu melanjutkan perjalanan. Dari tugu kereta ke Tugu Jogja jaraknya 750 meter, kebayang kan berapa km kita jalan kaki dari penginapan di jl.Sosrokusuman ke Tugu Jogja pagi itu ? Sehat ! 
Afifah, partner ngebolang gue kali ini.

Dari Tugu Jogja kita balik kepenginapan, nunggu Riza ngasih kabar tentang motor yang bakal kita bawa ke Goa Pindul. Pukul 11 kita berangkat, dari jogja berempat, menuju ke arah Wonosari Riza dan temannya pamit cuma bisa nganter sampai disitu. Perjalanan dari jogja ke pos goa Pindul memakan waktu 2 jam, itu pun dengan bantuan salah satu crew goa pindul yang kami temui di pinggir jalan — serius di pinggir jalan. Sampai di pos goa pindul kita milih paket wisata goa pindul, lupa apa nama paketnya. Sebelum ke goa pindul, barang bawaan kita dititipin, termasuk hp. Kamera gue masukin kantong plastik biar tetep bisa foto-foto di goa. Eh ternyata di goa kamera gue gabisa dipake, jadi kita berdua garing aja gabisa foto-foto. Syukurnya, pengunjung sebelah gue yang notabene pasangan suami istri muda bersedia ngefotoin kita selama dan sesudah di goa. Ih baek bangeeettt.. mereka orang baik ketiga yang kita temui di Jogja. 
Dari goa Pindul, Afifah pengen ke pantai Baron, sekitar 1 jam 30 menit perjalanan kita kesana. Sampai di pantai Baron sedikit kecewa sih, pengunjunng yang banyak ngga sebanding dengan luas bibir pantainya. Banyak sampah juga. Yang paling parah sih gue nemu sampah pampers !! gilak. Dikira tempat sampah apa ya. Benci banget gue sama pengunjung kaya gitu. Jam 16.30 kita memutuskan untuk pulang. Jam 17.50 gue liat maps dan masih 33 km lagi jalan yang harus kami tempuh. Man ! takut banget gue. Jalannya macem jalan pegunungan ke arah Malang dari Kediri gitu. Apalagi ini dibonceng temen gue, cewe pula. Nyampe penginapan jam 19.30, itu juga sempet tersesat menuju ke malioboronya, udah gitu macet banget jalanan ke arah malioboro, ngalah-ngalahin antrean parkir Mall pas lagi weekend. Gue menangis terharu begitu sampe di penginapan, bersyukur perjalanan menegangkan di tengah gunung udah berakhir. Sampe di penginapan gue hubungi Riza buat balikin motor. Pukul 10 kurang kita, aku dan afifah udah tepar. Tidur. Tapi gue masih nahan kesakitan tangan kiri gue gegara nahan beban ban pengunjung sebelah gue. Sampe gue pasang 2 salonpas, masih berasa aja sakitnya sampe pagi hari.
Salah satu dari sekian banyak foto di Prambanan
Hari Jumat, tanggal 15. Hari favorit gue ! kita ke Prambanan. Jam 7 pagi kita berangkat naik transjogja dari shelter malioboro 1. Nyampe jam 8. Gagah banget candinyaaaaaaaa. Suka banget ! Capek foto sana sini di Prambanan, kita memutuskan pulang, pukul 9.30. Nawar-nawar bapak becak, sepakat harga, naik, drama dimulai :
“Fah, kameraku kamu bawa ya ?”
“lho, ko gaada vin, gaada” panik geledah tas.
“lho dimana fah ? tdi bukannya di tas kamu ya? Bentar pak.”
“ada apa mba?” 
“kamera saya ketinggalan pak di candi,”
“ooh, yauda mba dicari dulu, saya tunggu.”
Man ! tau kan luasnya Prambanan kaya apa. Udah capek-capek menuju pintu keluar mau pulang, di becak udah bersyukur bisa nglurusin kaki, pake ada skenario kamera ilang. Kita panik, ke loket tanya tempat pusat informasi buat laporan kehilangan, tapi akhirnya kita sendiri yang nyari kamera di candi. Kita telusuri tempat terakhir kita ngerasa megang kamera gue, gaada. Akhirnya kita pasrah, duduk di sekitar candi, dan gue terima telfon.
“ini mba yang kehilangan kamera ?”
“iya pak, betul”
“kameranya sudah ketemu mba, segera ke tempat pusat informasi.”
“alhamdulillah, baik pak, terimakasih banyak pak,”
Jalan kaki dari candi ke pusat informasi itu jauh banget ! sampe gue ditelfon lagi untuk yang kedua kalinya, gue masih dalam perjalanan. Dan ketiga kalinya telfon masuk, kita langsung lari ! alhamdulillah, yang nemuin kamera gue orang baik. Cuma dia lagi ditunggu rombongan aja makanya buru-buru. Beliau orang baik keempat yang kita temui di Jogja. 
Dari Prambanan, kami naik transjogja juga ke Malioboro, sumpah capek banget, sampe gue ngerasa mual karena dehidrasi, hal yang langsung gue cari setelah 1 jam naik transjogja adalah AQUA, dan ini bukan ngiklan. Nyampe penginapan kita langsung makan, tidur. Sorenya cari oleh-oleh di malioboro dan bakpia 25. Oiya, sempet nyobain Gudeg Yu Djum juga, seneng deh, akhirnya ngerasain gudeg jogja. 

Foto bareng abdi dalem Keraton ♥
Abis makan, kita berdua jalan-jalan lagi ke 0 Km, foto-foto, eh, pas kita asyik foto, ada seorang abdi dalem keraton yang lewat di depan kita, kita senyum dong, beliaunya juga ramah banget, Afifah asal nyeplos aja 
"foto pak," eh beliaunya langsung naruh sepeda sambil bilang,
"boleh, saya berangkat piket nak, 24 jam sampai besok di keraton," 
ih seneng banget sama orang Jogja yang ramah gitu. Pulang dari 0 Km langsung ke penginapan, Afifah sih tidur, gue ? menuhin janji gue buat ketemu Riza. Skip skip. 
Hari terakhir gue di Jogja, Sabtu, tanggal 16. Kita bangun pagi-pagi banget buat cari sarapan, trus kita ke benteng Vredeburg, 0 Km, Tamansari — tapi ngga bener-bener masuk, trus ke Keraton. Dari Keraton baru deh gue mampir ke Jl.Dagen buat beli Bakpia Pia. Tuntas perjalanan kita hari terakhir, pulang ! Rencana awal ke Lempuyangan tuh jalan kaki, tapi karena badan ngga bisa dipaksain buat berjuang lagi,yaaa, akhirnya ngebecak dengan ongkos 25ribu, awalnya kita kaget, "dih, mahal banget," ternyata jauh juga. Hihi. Sampe di stasiun Lempuyangan kita langsung masuk ke peron, baru masuk dari tempat cek tiket, gue noleh ke kanan, 
"Lhoh, ketemu lagi mas," hahaha, kita ketemu lagi dengan mas yang duduk di depan kita di kereta waktu berangkat ke Jogja. Kita sontak saling tertawa, cerita deh tuh perjalanan kita selama di Jogja. Sampe akhirnya kereta kami datang berpisah ke gerbong masing-masing. 
Jogja, bagaimanapun gue tetep jatuh cinta sama kota ini. Tradisi dan modernitas membentuk kesatuan disini. Sukaa !! ❤ 
Terimakasih Allah, akhirnya gue bisa menginjakkan kaki di Jogja, mengeksplorasi sedikit tentang Jogja. Semoga suatu saat nanti gue bisa menginjakkan kaki gue di jalanan kota Bandung, :)

No comments:

Post a Comment